Pages

Minggu, 24 November 2013

Islamnya Orang Gereja

Pada Suatu hari, Abu Yazid Al-Bustami sedang tidur, lalu beliau bemimpi melihat seseorang yang berkata kepadanya, “Pergilah ke sebuah gereja untuk membela Nabimu, Muhammad.”

            Abu Yazid bergegas menuju gereja itu. Beliau masuk kemudian duduk. Di situ Paus telah berdiri untuk memberikan ceramaah.

            “Aku tidak akan berbicara, karena diantara kalian ada orang islam.” Kata Paus.

             Jemaat gereja bertanya-tanya, “Bagaimana engkau mengetahuinya?”

           
             Paus menjawab, “Sebab, pengikut Muhammad memiliki tanda di wajah mereka lantaran bekas dari sujud.”

            Maka berdirilah Abu Yazid dan bersiap untuk pulang. Kemudian Paus berkata pada beliau, “Aku akan memberikan pertanyaan kepadamu. Jika kamu mampu menjawabnya, aku akan beriman kepada agamamu.”
Pertanyaan Pertama : “Apa itu satu yang tidak ada duanya?”

Pertanyaan Kedua : “Apa itu dua yang tidak ada tiganya?”

Pertanyaan Ketiga : “Apa itu tiga yang tidak ada empatnya?”

Pertanyaan Keempat : “Apa itu empat yang tidak ada limanya?”

Pertanyaan kelima : “Apa itu lima yang tidak ada enamnya?”

Pertanyaan keenam : “Apa itu enam yang tidak ada tujuhnya?”

Pertanyaan ketujuh : “Apa itu tujuh yang tidak ada delapannya?”

Pertanyaan kedelapan : “Apa itu delapan yang tidak ada sembilannya?”

Pertanyaan kesembillan : “Apa itu sembilan yang tidak ada sepuluhnya?”

Pertanyaan kesepuluh : “Apa itu sepuluh yang tidak ada sebelasnya?”

Pertanyaan kesebelas : “Apa itu sebelas yang tidak ada duabelasnya?

Pertanyaan kedua belas : “Apa dua belas yang tidak ada tiga belasnya?”

Pertanyaan ketiga belas : “Apa itu tiga belas yang tidak ada empat belasnya?”

Pertanyaan keempat belas :”Apakah sesuatu yang diciptakan Allah, namun diingkari-Nya?”

Pertanyaan kelima belas : “Apakah sesuatu yang diciptaka Allah dan dianggap besar?”

Pertanyaan keenam belas : “Apa itu sesuatu yang dapat bernapas, tetapi tidak memiliki ruh?”

Pertanyaan ketujuh belas : “Kuburan siapa yang berjalan bersama pemiliknya?”

Pertanyaan kedelapan belas : “Pohon apa yang rantingnya berjumlah dua belas, pada setiap ranting daunnya berjumalah tiga puluh, dan setiap satu daun menghasilkan lima buah?

Pertanyaan kesembilan belas : “Apakah kunci surga itu?”

              Kemudian semua pertanyaan itu dijawab oleh Abu Yazid;

             “Satu yang tidak ada duanya adalah Allah.”

            “Dua yang tidak ada tiganya adalah malam dan siang. Sebagaimana Alllah berfirman : “Dan kami jadikan malam dan siang sebagai dua tanda (kebesaran kami),.....” (QS. Al-Isra’[17]:12).

          Adapun tiga yang tidak ada empatnya adalah pertanyaan Nabi Musa kepada khidhir. Sedangkan empat yang tidak ada limanya adalah kitab samawi yang jumlahnya ada empat yaitu Zabur, Taurat, Injil, dan Al-Quran.

             Adapun lima yang tidak ada enamnya adalah shlat lima waktu. Enam tidak ada tujuhnya adalah Bahwa sesungguhnya Allah menciptakan langit dan bumi dalam waktu enam hari, sebagaimana firman Allah : “Dan sungguh, Kami telah menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dalam enam masa, dan Kami tidak merasa letih sedikit pun.”(QS Qaf [50]:38)

             Sejenak Paus itu menyela, kemudian bertanya, “Mengapa dikatakan, ‘...dan kami tidak merasa letih sedikit pun?’”

           Abu Yazid menjawab, “Sebab, orang-orang yahudi mengklaim bahwa Allah measa kelelahan saat menciptakan langit dan bumi beserta  apa yang ada didalamnya selama enam hari itu, maka pada hari ketujuh Dia beristirahat,’...dan Kami tidak merasa letih sedikitpun’.” Abu Yazid kembali melanjutkan untuk menjawab pertanyan-pertanyaan Paus tadi.

          Adapun tujuh yang tidak ada delapannnya adalah bahwa Allah menciptakan langit yang berlapis tujuh. Hal ini senada dengan firman Allah: “Tidaklah  kamu memerhatikan bagaimana Allah telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis?”(QS.Nuh[71]:15)

         Sedangkan delapan yang tidak ada sembilannya adalah jumlah malaikat pembawa ‘Arsy. Allah berfirman :”Dan malaikat berada di berbagai penjuru langit. Pada hari itu delapan malaikat menjunjung ‘Arsy(singgasana) Rabbmu diatas (kepala) mereka.”(QS Al-Haqqah [69]:17)

           Sembilan yang tidak ada sepuluhnya adalah sembilan mikjizat Nabi Musa. Hal ini seperti yang ditegaskan dalam firman Allah : “Dan sesungguhnya kami telah memberikan kepada musa sembilan buah mukjizat nyata...”(QS Al-Isra’ [17]:10)

            Adapun sepuluh yang tidak ada sebelasnya adalah orang yang membawa amal baik, baginya sepuluh kali lipat amalnya. Sebelas yang tidak ada dua belasnya adalah Jumlah saudara Nabi Yusuf. Dua belas yang tidak ada tiga belasnya adalah pancaran batu yang membentuk dua belas mata air.

           Adapun sesuat u yang diciptaka Allah, namun dianggap paling buruk adalah suara keledai. Allah berfirman:’’Sesungguhnya seburuk- buruk suara ialah suara keledai.” (QS Luqman [31]:19)

       Sedangkan sesuatu yang diciptakan-Nya dan dianggap paling besar adalah tipu daya wanita. Dalam hal ini Allah berfirman: “...Sesungguhnya ini adalah tipu dayamu. Tipu dayamu benar-benar hebat.”(QS Yusuf [12]:28)

              Sesuatu yang bernapas tetapi tidak memiliki ruh adalah waktu subuh, sebagaiman Allah berfirman: “dan demi subuh apabila fajar telah menyingsing.”(QS At-Takwir[81]:18)

           Kuburan yang berjalan bersama pemiliknya adalah ikan Nabi Yunus. Adapun pohon yang memiliki dua belas ranting dan setiap satu rantingnya memiliki tiga puluh daun serta setiap daunnya tumbuh lima buah adalah dua belas bulan. Setiap satu bulan memiliki tiga puluh hari dan setiap satu harinya diwajibkan shalat lima waktu.

           Sedangkan jawaban pertanyaan kesembilan belas yaitu apakah kunci masuk surga itu ? Maka dijawablah oleh Abu Yazid Al-Bustami bahwa kunci surga adalah mengucapkan, “La ilaha illallah, Muhammmad Rasulullah.” Seketika itu mereka semua masuk islam dan mengucapkan syahadat.

Sumber : Kisah-kisah Islami paling inspiratif sepanjang masa ( DR.Musthofa Murad ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembaca yang cerdas adalah pembaca yang kritis.
Silahkan komen ya demi kemajuan blog ini...

 

Blogger news

Blogroll

About